Friday, March 3, 2017

Google Cloud Platform dan Cloud Hosting


Google Cloud Platform merupakan sebuah produk layanan Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang kesemuanya bertujuan untuk membuat sebuah project berbasis Cloud Computing / Komputasi Berbasis Internet agar bisa dimanfaatkan dalam skala global. adapun 4 jenis layanan tersebut adalah Google AppEngine, Google BigQuery, Google Compute Engine dan Google Cloud Storage.

Kelebihan Menggunakan Layanan Google Cloud Platform

Keamanan Data
: Menggunakan layanan Google cloud Platform memungkinkan kita untuk memiliki keamanan data yang sangat terjamin, hal ini merupakan faktor penting untuk membangun sebuah layanan berbasis internet.
Fleksibel : Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kita simpan di Google Cloud dengan mudah dan yang perlu kita sediakan hanya akses internet. Sobat juga bisa menggunakan RESTful API agar aplikasi yang sobat buat bisa di intregrasikan dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS Apple.
Data Terpusat : Penyimpanan yang terpusat sangat diperlukan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.
Menghemat Biaya : Apabila kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan Google Cloud bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur system yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita.

Cloud Hosting



Apakah Cloud Hosting itu?

  Teknologi cloud hosting dibuat atas dasar teknologi cloud computing yang paling mutakhir – teknologi yang memungkinkan sejumlah mesin-mesin komputer yang jumlahnya tak terbatas untuk berfungsi secara satu kesatuan sebagai suatu sistem tunggal.  Solusi-solusi hosting lainnya (yang sudah umum kita kenal seperti shared hosting dan dedicated hosting) pada dasarnya bergantung pada 1 buah mesin (server) saja, sedangkan pada sistem cloud hosting masalah security (keamanan) dan reliability (kehandalan) mengandalkan serangkaian server-server yang bisa kita kembangkan – baik pengembangan secara vertikal (scale up) maupun secara horisontal (scale out) – dengan mudah.  Untuk bisa lebih memahami hal ini, mari coba kita bayangkan serangkaian awan-awan (cloud) yang ada di langit.  Awan-awan memiliki sifat lembut, elastis, bisa mengembang dan mudah bergerak.  Inilah sebabnya mengapa serangkaian server-server ini kita sebut sebagai Cloud (awan).

Website anda yang ditempatkan di sistem cloud ini menggunakan sumberdaya virtual (CPU, RAM, kapasitas harddisk, dll) dari banyak server untuk memenuhi setiap aspek kebutuhan dari meng-hosting-kan situs (website) anda.  Bebannya dibagi merata (balanced), keamanan selalu menjadi perhatian utama dan setiap sumberdaya hardware selalu tersedia secara virtual sehingga selalu siap untuk diberdayakan kapanpun bila diperlukan.  

  Website-website, aplikasi web, server email, backup dan lain-lain bisa di-hosting-kan dalam Cloud.  Teknologi cloud hosting ini dulu hanya tersedia bagi perusahaan-perusahaan internet raksasa seperti Google, Yahoo, Amazon, Apple, Microsoft dll oleh karena biayanya yang teramat mahal dan setup nya yang rumit, namun kabar baiknya adalah kini teknologi tersebut sudah tersedia secara luas bagi berbagai bisnis dengan biaya yang terjangkau.

Keunggulan Cloud Hosting

Cloud hosting memungkinkan anda untuk bisa mengembangkan usaha anda baik secara vertikal (scale up) maupun secara horisontal (scale out) dengan mudah kapan saja anda inginkan:

1. Vertical Scaling – Anda bisa menambahkan sumberdaya seperti RAM (memory) atau menambahkan kapasitas disk terhadap server-server anda untuk meningkatkan performa mereka dengan cepat agar supaya mereka mampu menangani beban kerja yang semakin meningkat.  Hal ini bisa terjadi dengan instan (langsung dan cepat) tanpa harus menghentikan kerja seluruh rangkaian server dan jaringan anda.

2. Horizontal Scaling – Anda bisa mengembangkan rangkaian server anda dengan menambahkan sejumlah server, dan bukan hanya sekedar menambahkan sumberdaya seperti RAM/kapasitas disk tadi.  Anda bisa tambahkan berapapun jumlah server yang anda butuhkan dalam sistem cloud untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menangani traffic (jumlah pengunjung website anda).  Anda bisa mulai dengan sejumlah server terlebih dahulu, lalu tambahkan server-server baru seiring dengan perkembangan traffic dan kebutuhan sumberdaya usaha anda.

3. Reliability – Website anda terlindungi dari kerusakan-kerusakan server atau masalah hardware (yang mana cukup sering terjadi), hal ini dimungkinkan karena website anda di-hosting-kan pada sejumlah server di dalam cloud dan bukannya sebuah server tunggal saja.  Jika salah satu server yang ada dalam rangkaian server tersebut rusak/tidak berfungsi, akan selalu ada server lain yang siap untuk mengambil alih beban dalam waktu seketika.  Hal ini berarti jika sebuah website di-hosting-kan pada infrastruktur cloud, maka akan sangat kecil sekali kemungkinan website tersebut untuk “crash” dan tidak bisa di-load.

4. Massive Capacity – Oleh karena kemampuan Cloud untuk bisa mengembang baik secara vertikal maupun horisontal, website anda kini mampu untuk menghadapi jumlah traffic sebesar apapun dengan mudah dan ini juga berarti peningkatan jumlah penjualan dan konversi terhadap website anda.

5. No Single Point of Failure – Setiap bagian dari sistem (kapasitas disk, server-server, perlengkapan jaringan, dll) dipastikan untuk selalu memiliki cadangan (redundant) dan terdistribusi.  Hal ini berarti tidak ada masalah hardware maupun software dari teknologi yang mendasarinya.

6. Dedicated Resources – Sumberdaya-sumberdaya anda (CPU, RAM, dan kapasitas disk) dikhususkan hanya untuk anda, dan tidak dibagi-pakai (shared) dengan pengguna lainnya.

7. High Efficiency – Penggunaan “virtual pooling” (pengumpulan sumberdaya secara virtual) menjadikan keseluruhan sistem amat efisien, dan performa sumberdaya-sumberdaya secara individual baik itu software, server maupun jaringan malah justru akan menambahkan kepada peningkatan kinerja.

8. Enhanced Security – Setiap pengguna cloud akan terisolir (dibatasi) dalam lingkungannya masing-masing.  Hal ini akan memastikan masalah-masalah keamanan juga akan terisolasi (dibatasi), tidak seperti layaknya pada lingkungan shared hosting.  Cloud hosting juga menjaga konten-konten anda tetap aman.  Dengan mendistribusikan data server ke berbagai server-server cadangan lainnya, informasi data yang di-hosting-kan dalam cloud akan terjaga dari kegagalan hardware.

Jika masih penasaran dengan Sistem Cloud Computing bisa baca juga di:

5 comments :

  1. Wah bagus sekali blog nya sangat bermanfaat buat kami yang orang awam yang ingin belajar Google Cloud Platform dan Cloud Hosting. :)
    Semoga website nya menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat
    backlink : www.belajarcloudgo.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. iya bagus sekali, sangat bermanfaat. Lnajutkan yha. Heheheh

    ReplyDelete